Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi 2021 – Bidang Rekayasa Keteknikan

Di tahun 2021 ini, BPPT berupaya untuk memfokuskan seluruh kegiatan Jirapnya ke arah pemulihan ekonomi nasional, yang menekankan aspek hilirisasi, potensi market, & mitra pendukung. Rencana Strategis BPPT tahun 2020-2024 yang akan dilaksanakan merupakan flagship Prioritas Riset Nasional, Penugasan Nasional maupun Prioritas Lembaga yang diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pembangunan nasional baik sebagai impact, outcome maupun output dengan refocusing pada APBN 2021.
.
Berkaitan dengan hal tersebut, BPPT mengadakan Rapat Kerja Nasional Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi Tahun 2021 untuk membahas bersama dengan seluruh stakeholder berbagai kegiatan yang akan dilakukan BPPT di tahun 2021 ini sehingga dapat menghasilkan produk inovasi yang mampu dihilirisasikan ke industri.
.
yang dihadapi pemerintah dikarenakan keterbatasan kemampuan produksi.
.
Selanjutnya bidang Rekayasa Keteknikan dilakukan untuk penanganan lingkungan dengan menghasilkan inovasi teknologi dalam penyediaan air bersih, penanganan sampah serta limbah terintegrasi yang ramah lingkungan. Untuk menjaga keberlangsungan pertambangan emas skala kecil, BPPT juga melakukan pengembangan dan difusi teknologi pengolahan emas non-merkuri dengan tujuan pengurangan dan penghapusan merkuri di Indonesia sesuai dengan Konvensi Minamata.
.
Selain itu, rekayasa keteknikan juga dilakukan guna penanganan limbah medis Covid-19. Hal ini ditujukan untuk memberikan pembelajaran dan solusi kepada penyedia layanan kesehatan untuk tidak mengolah limbah medis ini, sehingga tidak berbaur dengan limbah masyarakat yang kerap ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu juga kegiatan pengembangan rumah komposit tahan gempa dua lantai. Rumah ini telah didesain untuk beradaptasi di lingkungan yang berpotensi gempa sehingga bisa dikonstruksikan mengikuti rekam jejak gempa yang dialami di daerah teretentu. Rumah ini juga telah teruji tahan api dan mempunyai konstruksi panel knock down sehingga mudah dan cepat untuk dibangun.
.
.
#BPPTSolidSmartSpeed
#BPPT2021

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.