Pengujian Jas Hazmat (APD)

Pusat Teknologi Material (PTM) BPPT melakukan pengujian bahan material yang digunakan untuk bahan kain pembuatan hazmat, pengujian dilakukan bekerja sama dengan para dokter.

Pengujian dilakukan dengan tes droplet, mikroba dan kemudian infrastruktur dengan menggunakan sampling, sehingga bagi rekan-rekan yang akan mendonasikan menyumbangkan kepada para dokter tentunya akan memberikan sumbangan bahan-bahan jas hazmat yang terbaik , bukan sekedar jas hazmat yang nantinya para dokter jadi terpapar Covid 19.

Tes droplet untuk mengetahui seberapa besar material kain yang digunakan bisa tembus dalam pembuatan jas hazmat tersebut sesuai standar yang direkomendasikan Kemenkes. Selain tes droplet, dilakukan juga pengujian tes struktur mikro dari kain tersebut.

Dari pengujian tersebut bisa terlihat berapa besar pori-pori kain dan berapa besar pori-pori kain setelah dijahit. Dari hasil pengujian yang dilakukan ditemukan beberapa jas hazmat yang tidak layak di gunakan untuk di ruang isolasi yang bersinggungan langsung dengan pasien. Beberapa jas hazmat ditemukan bahwa lubang jarum jahitan sangat berbahaya, karena akan membuat virus tersebut mudah masuk ke dalam jas hazmat.

BPPT merekomendasikan untuk setiap jas hazmat yang di jahit harus diberikan seal.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.