Hand Sanitizer Inovasi BPPT

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19), melakukan kaji terap teknologi untuk mengatasi pandemik COVID-19 dengan memproduksi Hand Sanitizer berbentuk gel.

Seperti diketahui penyebaran virus COVID-19 ini umumnya terjadi melalui kontak secara langsung, utamanya melalui droplet atau percikan air liur. Bagian tangan merupakan bagian yang sering bersentuhan langsung dengan wajah, mulut dan hidung yang sangat berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona, oleh karena itu menjaga kebersihan tangan harus sering dilakukan.

Penggunaan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan merupakan langkah penting dalam mencegah penyebaran agen penyebab infeksi. Hand sanitizer bentuk gel yang dibuat TFRIC19 berdasar pada data efikasi, tolerabilitas dan efektifitas biaya. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol.

Hand sanitizer berbasis alkohol inipun telah memenuhi standar dalam meng-inaktivasi virus maupun mikroba, dan diterima dengan baik oleh tenaga kesehatan. Hand sanitizer ini mengandung bahan aktif dan bahan tambahan sesuai dengan rekomendasi formula dari WHO. Berbentuk gel untuk memudahkan penggunanya dan praktis tanpa membutuhkan air, juga nyaman di tangan. Hasil pengembangan hand sanitizer BPPT ini pun telah dibagikan ke masyarakat sebanyak 2000 botol dalam kemasan 250ml.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.